Rabu, 16 Februari 2011

KONTRUKSI LINGGI BANGUNAN KAPAL

KONTRUKSI LINGGI BANGUNAN KAPAL




Linggi Haluan dan Linggi Buritan Konstruksi pada badan kapal diperlengkapi di depan dengan linggi haluan (stem) dan dibelakang dengan linggi buritan (stem post) yang merupakan ujung-ujung yang kokoh untuk suatu kapal.

Linggi haluan (stem)
Adapun beberapa bentuk linggi yang kita kenal yaitu:
Bentuk linggi clipper
Bentuk linggi ini sekarang kadang-kadang masih kita jumpai pada kapal-kapal dengan padle wheel atau pada yacht bermotor. Dulu bentuk linggi clipper ini banyak dipakai pada kapal-kapal uap dan kapal-kapal layar.

Bentuk linggi lurus
Bentuk linggi biasanya selau dipasang condong agak ke depan. Bentuk linggi semacam ini sekarang adalah paling sering dipakai. Sudut kemiringan/ kecondongannya adalah biasanya sekitar 13 terhadap garis tegak haluan (fore peak), tetapi kadang-kadang juga dibuat lebih besar untuk menambah kecepatan.




Bentuk linggi bulb (bulb stem)
Bentuk linggi ini adalah bahwa pada bagian bawah linggi berbentuk bulat (mengembung) yang disebut bulb. Bentuk linggi seperti ini banyak dipakai untuk kapal-kapal besar seperti misalnya kapal-kapal tangki yang besar (super tanker) kapal-kapal penumpang yang besar dan juga pada kapal-kapal perang. Untuk kapal-kapal kecil pemakaian linggi bulb ini kurang rfisien.

Adapun keuntungan dari linggi bulb ini ialah dapat memperkecil tahanan gelomabang, sehingga dengan bentuk linggi ini tahanan total dari kapal dapat berkurang dibandingkan kalau memakai bentuk linggi lain.

Konstruksi Linggi Haluan Ditinjau dari macam konstruksinya linggi haluan dibedakan antara linggi batang dan linggi pelat. Linggi batang umumnya dipakai pada konstruksi dengan sistim keling sedangkan linggi pelat dipakai pada konstruksi dengan sistim las. Linggi batang sekarang pada kapal-kapal baja hampir tidak pernah digunakan lagi. Linggi batang ini umumnya masih banyak dipakai pada konstruksi kapal-kapal kayu.

Sedangkan konstruksi linggi pelat dibuat dari pelat yang dilengkungkan dan diberi penegar pada tiap jarak tertentu. Penegar ini disebut lutut linggi haluan (breasthook) dan berbentuk sebuah pelat yang dipasang secara horisontal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar